Welcome Message

Belajar Bahasa Arab Lewat Internet Yuk

Setelah kita mengetahui keutamaan bahasa Arab dan urgensinya (silahkan Anda baca posting kami sebelumnya: Urgensi Belajar Bahasa Arab, Satu Bahasa-Bahasa Arab, Inilah Bahasa Arab!, Kiat Sukses Belajar Bahasa Arab, dan Nikmatnya Bisa Sedikit Membaca Kitab). Kini saatnya kita benar-benar mengambil langkah untuk bisa mempelajari bahasa Al-Qur'an ini dengan lebih intensif.

Mungkin di antara kita sudah ada yang mengikuti halaqah bahasa Arab (dan ini merupakan nikmat Allah yang harus kita syukuri), tetapi kami yakin masih banyak di antara kita yang belum dikaruniai kesempatan untuk bisa mempelajarinya walaupun hati sudah sangat bersemangat untuk belajar.

Banyak sekali kendala yang bisa menghambat kita untuk belajar. Di antaranya  adalah ketiadaan ustadz yang bisa mengajar bahasa Arab, ataupun dari segi pribadi kita yang seringkali tersibukkan dengan perkara duniawi. Namun, sebagai muslim yang taat, kita harus tetap berusaha sekuat tenaga untuk bisa belajar bahasa Al-Qur'an ini.

Alhamdulillah, Allah Azza wa Jalla telah memberikan kepada kita nikmat untuk bisa mengakses internet. Hendaknya nikmat ini kita manfaatkan sepenuhnya untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. Sekarang ini banyak sekali media pembelajaran bahasa Arab yang ada di internet. Metode yang ditawarkan pun cukup beragam. Ada yang relatif mudah tetapi memakan waktu lama, ada juga yang lebih advance tetapi memakan waktu sebentar saja.

Dari beberapa alternatif yang ada, kami hanya mengambil beberapa untuk ditampilkan di sini. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Namun ingat, pilihlah salah satu saja, dan berusahalah konsisten dengan cara menekuni pilihan Anda itu. Sebaiknya Anda tidak berpindah-pindah dari satu metode ke metode lainnya. Karena hal ini menyebabkan waktu Anda akan terbuang percuma, sekaligus ilmu yang Anda serap tidak akan bisa maksimal.

Di antara pilihan yang dapat Anda ambil yaitu:

Bimbingan Bahasa Arab (Radio Rodja)
Kitab             :   Durusul Lughatul 'Arabiyyah
Karya            :   Syaikh Dr. V. 'Abdurrahim
Pembimbing   :   Ustadz Hamzah Abbas

Bahasa Arab Muyassar (Radio Muslim)
Kitab             :   Al Muyassar fi ‘Ilmi An-Nahwu
Karya            :   Aceng Zakaria
Pembimbing   :   Ustadz Didik Suyadi

Bahasa Arab Dasar (BADAR Online)
Kitab             :   Kompilasi dari beberapa kitab pelajaran bahasa Arab
Pembimbing   :   Ustadz Ibnu Sutopo

Kesemua pilihan itu menyajikan metode yang berbeda dalam pengajaran bahasa Arab. Namun, inti yang diajarkan hampir sama. Silahkan Anda memilih salah satu yang paling cocok dengan kemampuan Anda. Kemudian ikuti kajiannya secara intensif dengan cara mendownload file rekaman dan kitab yang disediakan.

Alternatif belajar melalui internet ini sebenarnya bukanlah metode yang utama. Belajar bahasa Arab yang paling baik adalah langsung (belajar tatap muka) dengan bimbingan ustadz, karena faidah ilmu yang kita petik insya Allah lebih besar. Namun, belajar bahasa Arab secara online seperti ini tetap masih lebih baik, daripada tidak sama sekali.

Jika alternatif yang kami berikan masih belum memuaskan Anda karena kesibukan maupun koneksi internet yang sulit, maka kami sarankan alternatif lainnya yaitu melalui software Arabuna (Praktis Belajar Bahasa Arab dari Nol). Software ini merupakan kumpulan dari pelajaran bahasa Arab yang ada di situs Bahasa Arab Dasar (BADAR Online). Tampilannya sangat menarik sehingga kita tidak lekas bosan dalam mempelajari bahasa Arab. Anda dapat membeli CD-nya tanpa harus repot-repot mendownload rekaman pelajaran dari internet. [Silahkan klik di sini untuk menuju website-nya]




Demikianlah beberapa saran yang mampu kami berikan. Semoga Allah meneguhkan langkah kita untuk senantiasa bersemangat mempelajari ilmu agama yang mulia ini.
Copyright © Study Islam