Welcome Message

Rambu-Rambu Meniti Jalan Menuntut Ilmu (Pertemuan 6-10)

Seorang muslim tidak akan bisa melaksanakan agamanya dengan benar, melainkan dengan belajar Islam yang benar berdasarkan al-Qur'an dan as-Sunnah menurut pemahaman para salafush shalih. Agama Islam adalah agama ilmu dan amal karena Nabi shallallahu `alaihi wa sallam diutus dengan membawa ilmu dan amal shalih.

Menuntut ilmu adalah jalan yang lurus untuk dapat membedakan antara yang haq dengan yang bathil, antara sunnah dan bid’ah, dan yang lainnya. Dan dengan menuntut ilmu, seorang muslim akan dimudahkan jalannya menuju surga.

Mari kita simak bersama rekaman kajian kitab Ma`aalim fii Thariiqi Thalabul `Ilmi karya Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan yang kali ini dikupas secara ilmiah oleh Ustadz Aris Munandar, SS. MA.

Kajian ini dahulu diselenggarakan di Masjid al-'Ashri, Pogung Rejo, Yogyakarta (utara Fakultas Teknik UGM) pada tanggal 1-20 Ramadhan 1432 Hijriah. Insya Allah files kajian ini akan kami upload secara bertahap.

~ Jazakumullahu khairan kepada ikhwan-ikhwan di Yogyakarta
yang telah memudahkan kami untuk mendapatkan files kajian ini ~

Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat, dan selamat menyimak.

Pertemuan 6

Pertemuan 7

Pertemuan 8

Pertemuan 9

Pertemuan 10


Bagi Anda yang ingin mengetahui buku terjemah dari kitab Ma`aalim fii Thariiqi Thalabul `Ilmi
silahkan klik pada gambar cover buku versi terjemahnya di bawah ini.


Selain buku tersebut, ada juga buku-buku lain yang membahas tema serupa,
silahkan klik pada gambar cover buku di bawah ini.

Review
Buku ini merupakan terjemah dari Kitabul `Ilmi karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-`Utsaimin. Buku ini cukup padat, mencakup berbagai hal yang penting dalam menuntut ilmu. Salah satu yang menjadi keunggulan buku ini yaitu adanya banyak sekali fatwa (mencapai lebih dari 100 fatwa) yang sangat detil membahas berbagai permasalahan penuntut ilmu.

Review
Buku ini merupakan karya dari Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Sebagaimana karya-karya beliau yang lain, buku ini sangat lengkap, sistematis, padat, ilmiah, tersusun rapi, dan bahasanya sangat mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. Seolah-olah bisa dikatakan bahwa buku ini adalah rangkuman dari berbagai kitab yang membahas tentang panduan menuntut ilmu. Sangat kami rekomendasikan sebagai buku yang harus Anda baca.

Review
Buku ini merupakan terjemah dari Syarah Hilyah Thalabul `Ilmi. Kitab Hilyah Thalabul `Ilmi sendiri adalah kitab karya Syaikh Bakr Abu Zaid yang sangat bagus membahas tentang berbagai permasalahan dalam menuntut ilmu. Setelah disyarah (diberi penjelas) oleh Syaikh `Utsaimin tentunya buku ini akan menjadi sangat ilmiah dan berkualitas tinggi.

Copyright © Study Islam