Welcome Message

Siapa Menyusul ?

Dua mahasiswa Indonesia telah berhasil menyelesaikan program magister dalam bidang Aqidah di Universitas Islam Madinah. Keduanya telah dinyatakan lulus dalam munaqasyah risalah (ujian tesis) belum lama ini. Roy Grafika Penataran, MA (Ustadz Abdullah Roy) yang berasal dari Pontianak telah diuji pada hari Sabtu, 15 Dzulqa'dah 1431 H. Alumnus SMA 1 Yogyakarta yang pernah menuntut ilmu di Ponpes al-Furqon Gresik ini menulis risalah berjudul "al-Mabahits al-'Aqadiyyah al-Muta'alliqah bil Adzan" (Pembahasan-pembahasan Aqidah yang Berhubungan dengan Adzan). Beliau dinyatakan lulus dengan predikat mumtaz ma'a martabah syaraf al-ula (summa cum laude). Tim penguji yang terdiri dari Dr. Sulaiman as-Suhaimi (pembimbing), Dr. 'Ubaid as-Sulami, dan Prof. Dr. Shalih al-'Aqil juga memberikan washiyyah bith-thab'i (rekomendasi agar risalah dicetak).

Sementara Firanda Andirja, MA (Ustadz Abu Abdul Muhsin Firanda) diuji pada hari Selasa, 3 Dzulhijjah 1431 H. Alumnus SMA 1 Sorong yang pernah belajar di UGM dan Ponpes Jamilurrahman Yogyakarta ini menulis risalah berjudul "Ajwibah Syaikhil Islam Ibni Taimiyyah 'ala Syubuhat al-Mu'athilah at-Tafshiliyyah fi ash-Shifat adz-Dzatiyyah" (Jawaban-jawaban Ibnu Taimiyyah terhadap Syubhat-syubhat Terperinci Kelompok Mu'athilah dalam Sifat-sifat Dzatiyyah Allah). Beliau dinyatakan lulus dengan predikat mumtaz ma'a martabah syaraf al-ula oleh tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Abdur Razzaq al-Badr (pembimbing), Dr. Abdul Qadir 'Atha dan Dr. Ahmad al-Ghunaiman.

Ada satu pelajaran berharga yang bisa dipetik dari munaqasyah yang diselenggarakan di rangkaian hari paling mulia sepanjang tahun ini ('Asyru Dzulhijjah). Semua tim penguji tampak berpuasa di hari di mana amalan disunnahkan untuk diperbanyak. Hal ini kelihatan dari suguhan yang dengan halus mereka tolak. Bahkan air putih yang disuguhkanpun tidak mereka sentuh, padahal masing-masing penguji berbicara lebih dari satu jam dalam munaqasyah ini. Sungguh sebuah teladan mulia yang dicontohkan para guru untuk para murid.

Alhamdulillah, keluarga besar serambimadinah.com (begitu pula study-islam.web.id) turut berbahagia dan mengucapkan selamat kepada beliau berdua. Semoga Allah memberkahi ilmu yang diperoleh.

Copyright © Study Islam