Welcome Message

Ketenangan ala The Have

ESQ yang berpusat di menara 165 Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan dan digawangi oleh Ary Ginanjar Agustian, telah berhasil mentraining puluhan ribu orang dengan konsep keseimbangan antara Emosi, Spiritual, dan Intelektual.

Dari penjelasan tentang ESQ sendiri dijabarkan bahwa ESQ adalah pelatihan sumber daya manusia yang bertujuan untuk membentuk nilai moral dan karakter manusia, melalui penggabungan 3 potensi yang ada di manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Selama ketiga potensi manusia tersebut terpisah dan tidak didayagunakan dengan baik dan maksimal maka menurut kajian ESQ, pada manusia akan terjadi krisis moral dan split personality. Dan lebih buruk lagi manusia yang tidak dapat mendayagunakan ketiga potensi itu maka manusia tersebut akan kehilangan makna hidup serta jati dirinya. Begitu kutipan yang menjelaskan apa itu ESQ secara singkat.

Namun, bagaimana pandangan Islam mengenai ESQ ini? Apakah ESQ memang benar-benar sebuah solusi untuk membentuk nilai moral dan karakter manusia, ataukah hanya sekedar ajang bisnis yang disasarkan bagi kaum The Have (berpunya/kaya) untuk dapat merasakan ketenangan dan nikmatnya tangisan (dengan membawa kedok agama)?

Mari kita simak jawaban dari Ustadz Abdullah Sholeh Hadrami dalam salah satu sesi tanya jawab kajian kitab Aqidah Thahawiyah.

Copyright © Study Islam